Pendaftaran Calon Anggota PPK Pilkada 2020 Sudah di Mulai

“Siapapun boleh ikut mendaftar, karena itu hak masyarakat untuk berpartisifasi menjadi penyelenggara pemilihan. Kami pastikan tidak ada peserta yang diperlakukan khusus, semuanya akan kami layani sebaik mungkin dan melewati seluruh proses seleksi dengan objektif”. Ikmal Maulana – Ketua Divisi Sosialisasi, Partisifasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Karawang

Sesuai dengan Peraturan KPU No 16 Tahun 2019, tahapan pembentukan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 sudah dimulai sejak tanggal 15 Januari 2020 sampai dengan 14 Februari 2020. Secara teknis pengaturan proses pendaftaran diatur dalam Peraturan KPU No.13 Tahun 2017 yang kemudian dijabarkan kembali dalam Surat Edaran KPU RI No.12/PP.04.2-SD/01/KPU/I/2020. 

KPU Kabupaten Karawang sebagai salah satu dari 224 KPU Kabupaten di Indonesia yang menyelenggarakan hajat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ditahun 2020, sudah mempersiapkan sebaik mungkin agar proses pendaftaran Calon Anggota PPK dapat berjalan dengan baik. Dengan mulai dibukanya tahapan pendaftaran Calon Anggota PPK ini, diharapkan seluruh masyarakat Karawang yang memenuhi kualifikasi dapat berpartisifasi mendaftar. 

KPU Kabupaten Karawang mengawali tahap pengumuman selama 3 hari dimulai dari tanggal 15 s.d 17 Januari 2020. Kemudian dilanjutkan dengan tahap pendaftaran dan penerimaan berkas selama 7 hari yang dimulai dari tanggal 18 s.d 24 Januari 2020. Metode pendaftaran dilakukan secara online. Hal ini dilakukan agar pengisian agar proses pengolahan data dilakukan secara realtime dan cepat. Walaupun pengisian formulir pendaftaran dilakukan secara online, berkas fisik persyaratan tetap harus dikirimkan secara langsung ke Sekretariat Pendaftaran KPU Kabupaten Karawang untuk mengecek validitas dokumen persyaratan yang digunakan. 

Setelah masa pendaftaran berakhir, tahapan berikutnya adalah Penelitian Administrasi. Dimana masing-masing berkas yang diterima akan diteliti bukan hanya kelengkapan melainkan keabsahan dokumen yang digunakan sebagai berkas persyaratan. KPU Kabupaten Karawang akan mengumumkan hasil penelitian administrasi pada tanggal 28 s.d 29 Januari 2020. Pengumuman resmi akan ditayangkan diwebsite resmi dan papan pengumuman KPU Kabupaten Karawang.

Peserta yang dinyatakan lolos Seleksi Administrasi, dapat melanjutkan ke tahap Ujian Tertulis yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020. Dalam pelaksanaan Ujian Tertulis, akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT). Dengan metode CAT ini proses pemeriksaan hasil ujian dilakukan secara realtime, sehingga peserta dapat langsung mengetahui perolehan nilai yang didapatkan secara langsung saat proses ujian selesai. Disamping itu, dengan penerapan metode CAT ini diharapkan penilaian hasil ujian lebih objektif dan terukur sesuai dengan kemampuan peserta.

Dari hasil ujian tertulis, KPU Kabupaten Karawang akan menetapkan 10 (sepuluh ) orang peserta dengan peringkat teratas dimasing-masing kecamatan. Ketentuan ini tertuang dalam  Peraturan KPU No.3 Tahun 2015. Pengumuman resmi hasil penetapan 10 (sepuluh) orang yang lolos dalam Seleksi Ujian Tertulis akan diumumkan pada tanggal 3 s.d 5 Februari 2020.

Peserta yang dinyatakan lolos dalam Seleksi Ujian Tertulis dapat mengikuti tahapan Wawancara yang akan dilaksanakan secara langsung di kantor KPU Kabupaten Karawang pada tanggal 8 s.d 10 Februari 2020.

Setelah proses wawancara, KPU Kabupaten Karawang akan menetapkan 5 (lima) orang peserta terbaik yang dinilai secara objektif  untuk ditetapkan sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

Pengumuman hasil Wawancara akan ditayangkan pada tanggal 15 s.d 21 Februari 2020 diwebsite dan papan pengumuman KPU Kabupaten Karawang dan beberapa media yang bekerja sama dengan KPU Kabupaten Karawang. 

Tanggapan Masyarakat Terhadap Hasil Seleksi

Dalam melaksanakan proses Seleksi Calon Anggota PPK pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang, KPU Kabupaten Karawang beharap ada peran aktif dari masyarakat Karawang untuk dapat memberikan masukan dan tanggapan terhadap hasil seleksi. Hal ini tentu saja akan memperkuat proses seleksi dilakukan secara professional dan dapat menghasilkan penyelenggara ditingkat kecamatan yang memiliki kemampuan, keterampilan, wawasan dan integritas yang baik dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

Sesuai dengan jadwal tahapan, tanggapan masyarakat terhadap hasil seleksi dapat dilakukan selama 9 hari, yaitu dari pengumuman hasil seleksi Administrasi sampai dengan pengumuman hasil seleksi tertulis. Masyarakat dapat mendatangi langsung KPU Kabupaten Karawang dari mulai tanggal 28 Januari 2020 sampai dengan tanggal 31 Januari 2020 untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap hasil seleksi.

KPU Kabupaten Karawang berkewajiban menindaklanjuti setiap ada tanggapan masyarkat terhadap hasil seleksi. Proses tindak lanjut dan klarifikasi tanggapan masyarkat akan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 22 s.d 25 Februari 2020.

Jika ada perubahan terhadap hasil seleksi yang sudah ditayangkan setelah ada proses klarifikasi tanggapan masyarakat, KPU Kabupaten Karawang akan menerbitkan pengumuman resmi pasca hasil klarifikasi tanggapan masyarakat pada tanggl 26 s.d 28 Februari 2020.

Tahapan akhir dari seluruh proses Seleksi adalah Pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang Tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Februari 2020. Panitia Pemilihan Kecamatan yang sudah dilantik akan bekerja selama 9 bulan terhitung sejak tanggal 1 Maret 2020 sampai dengan 30 Nopember 2020. 


menu
menu