Berita

Karawang- Mendekati hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, KPU Kabupaten Karawang menggelar Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Penghitungan Suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, yang berlangsung pada Rabu-Kamis (6-7 Juni 2018) di Hotel Swiss Belinn Karawang.

“Tujuan dilaksanakannya bimtek ini, untuk memberikan pemahaman mengenai Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Penghitungan Suara, memberikan pemahaman mengenai tata cara menggunakan Aplikasi Sistem Penghitungan Suara (SITUNG) dan Sistem Informasi Data Terpusat dan Geographic Information System (SITAGIS) serta melatih ketelitian dan kehati-hatian dalam mengerjakan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara”, kata Edi Suryanto selaku Ketua Pelaksana dalam Laporannya.

Materi yang disampaikan yakni mengenai PKPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 yang disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Karawang Asep Sugiarto dan Aplikasi Pendukung Tungsura yang disampaikan oleh Komisoner KPU Kabupaten Karawang Miftah Farid.

Komisioner KPU Kabupaten Karawang, Asep Sugiarto pada materinya memaparkan mengenai persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara, sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2018.

Sementara dalam materi yang disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Karawang, Miftah Farid, beliau menyampaikan mengenai aplikasi pendukung Tungsura yakni Sistem Informasi Jabar Memilih (SIJALIH) dan Sistem Informasi Data Terpusat dan Geographic Information System (SITAGIS). Beliau memaparkan mengenai bagaimana menggunakan aplikasi pendukung tersebut.

Setelah pemaparan materi, para PPK tersebut melaksanakan Uji Coba Situng dengan mengisi Form C-KWK. Hal ini dilaksanakan untuk melatih ketelitian PPK dalam melakukan rekapitulasi penghitungan suara.

Bimtek Tungsura ini ditutup dengan Simulasi Pemungutan Suara yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Karawang Risza Affiat. Adanya simulasi pemungutan suara ini agar PPK dapat memahami dan menguasai bagaimana tugas KPPS ketika hari pemungutan suara, sehingga para PPK tersebut dapat menyampaikan kembali kepada KPPS di wilayahnya.

"SUARA ANDA MENENTUKAN MASA DEPAN BANGSA"

KPU KAB. KARAWANG

Jl. Lingkar Tanjungpura No. 4 Karawang

Telp/Fax. 0267-8406456

 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

: KPU Kab. Karawang

: @kpu_karawang

JINGLE PEMILU

MARS PILGUB 2018