Berita

Karawang- Demi memenuhi hak politik kelompok pemilih penyandang disabilitas, Kamis-Jumat (10-11 Mei 2018) KPU Kabupaten Karawang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelayanan Disabilitas Pemungutan Suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 (Pilgub Jabar 2018), bertempat di Citra Grand Hotel Karawang, dan diikuti oleh 30 anggota PPK Divisi teknis se-Kabupaten Karawang.

Tujuan dilaksanakannya bimtek ini, selain untuk memenuhi hak politik penyandang disabilitas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, juga memberikan akses kepada penyandang disabilitas agar dapat menggunakan hak pilihnya, memberikan pemahaman tentang tata cara penggunaan alat bantu bagi para pemilih disabilitas dan meningkatkan partisipasi pemilih khususnya kelompok pemilih disabilitas, kata Edi Suryanto selaku Ketua Pelaksana dalam Laporannya.

Dalam sambutan Ketua KPU Kabupaten Karawang yang diwakili oleh Komisioner KPU Kabupaten Karawang Miftah Farid, beliau mengatakan, “khusus Jawa Barat disabilitas memiliki perhatian tersendiri, karena di Jawa Barat kelompok pemilih disabilitas sudah dimasukan ke dalam daftar pemilih, dimulai dari penetapan Daftar Pemiih Sementara (DPS) sampai ditetapkan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sehingga saat hari pemungutan suara nanti, hanya TPS-TPS yang terdapat kelompok pemilih disabilitas tuna netra saja yang mendapatkan alat bantu surat suara”.

Pemateri dalam bimtek ini adalah Ketua Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA) Jawa Barat Dra. Kustini dengan materi mekanisme pelayanan bagi warga disabilitas dalam pemungutan suara dalam pemilukada dan Peneliti Senior Jaringan Pendidikan Pemilih Rakyat (JPPR) Yusfitriadi dengan pemateri pemilu aksesibel.

Dalam materinya, Ketua PPUA Jawa Barat Dra. Kustini menyampaikan mengenai pengaturan TPS agar dapat diakses oleh penyandang disabilitas, bagaimana cara berinteraksi dengan penyandang disabilitas serta hambatan-hambatan yang mungkin terjadi saat pemungutan suara.

Sementara Yusfitriadi dalam materinya, beliau menyampaikan mengenai implementasi pemilu bagi kelompok pemilih penyandang disabilitas dan bagaimana negara hadir untuk kaum disabilitas. Guna memenuhi hak politik harus ada instrumen atau upaya yang memaksa agar terpenuhinya hak-hak politik kelompok pemilih disabiitas, dan untuk terpenuhinya hal tersebut harus adanya advokasi terhadap pemerintah serta penyadaran terhadap masyarakat.

Di akhir acara ketua KPU Kabupaten Karawang Risza Affiat menegaskan dalam pembuatan TPS nanti harus mudah dijangkau khususnya untuk kelompok disabilitas sesuai dengan PKPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, sehingga diharapkan seluruh TPS yang terdapat di Kabupaten Karawang ramah disabilitas.

"PEMILU SERENTAK 17 APRIL 2019 - PEMILIHAN LEGISLATIF, PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN"

KPU KAB. KARAWANG

Jl. Lingkar Tanjungpura No. 4 Karawang
Telp/Fax. 0267-8406456

 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

: KPU Kab. Karawang

: @kpu_karawang