Berita

Karawang- Menyadari pentingnya peranan pemilih pemula dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 (PILGUB JABAR 2018), KPU Kabupaten Karawang melaksanakan Sosialisasi Pilgub Jabar 2018 kepada siswa-siswa kelas XII di SMK Negeri 2 Karawang yang sedang melaksanakan pengumuman kelulusan, Kamis (03/05/18) pukul 08.00 WIB. Sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula agar mereka mengetahui bahwa saat ini Jawa Barat sedang melaksanakan Pesta Demokrasi yakni Pilgub Jabar 2018, sehingga mereka mengetahui bahwa mereka dapat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 ini, sesuai dengan tema yang digunakan yakni “Melek Politik di Era Digital”.

Pada kesempatan tersebut Komisioner KPU Kabupaten Karawang Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas Adam Bachtiar memaparkan materi mengenai pentingnya peranan pemilih pemula dalam menyalurkan hak politiknya pada Pilgub Jabar 2018. “Partisipasi Masyarakat terutama pemilih pemula merupakan hal yang sangat penting dalam pesta demokrasi khususnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018”.

Lebih lanjut beliau memperkenalkan Para Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, memperkenalkan aplikasi Sistem Informasi Jabar Memilih (SIJALIH) yakni sebuah aplikasi dimana dengan aplikasi tersebut mereka dapat mengecek apakah mereka terdaftar sebagai pemilih dengan memasukan NIK mereka pada kolom yang telah disediakan di aplikasi Sijalih tersebut. Tak lupa beliau mengingatkan kepada pemilih pemula, pada saat datang ke TPS Rabu 27 Juni 2018 nanti mereka harus membawa C6 (Surat Pemberitahuan) dan E-KTP.Agar para pemilih pemula tersebut dapat mengetahui dan paham bagaimana mekanisme pemungutan suara pada Pilgub Jabar 2018 nanti, Tim KPU Kabupaten Karawang mengajak para pemilih pemula untuk melakukan simulasi pemungutan suara, dimulai dari pengecekan C6 dan E-KTP sampai mereka mencelupkan jarinya ke tinta. Mereka juga dihimbau sebelum masuk ke bilik suara, harus memastikan bahwa surat suara yang diterima tidak sobek atau rusak, karena jika mereka menerima surat suara yang sobek atau rusak mereka harus meminta penggantian surat suara tersebut kepada petugas KPPS sebelum masuk ke dalam bilik suara.

"PEMILU SERENTAK 17 APRIL 2019 - PEMILIHAN LEGISLATIF, PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN"

KPU KAB. KARAWANG

Jl. Lingkar Tanjungpura No. 4 Karawang
Telp/Fax. 0267-8406456

 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

: KPU Kab. Karawang

: @kpu_karawang