Berita

Karawang- Sesuai dengan PKPU Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum. Hari ini Senin (12/02/18) KPU Kabupaten Karawang melaksanakan Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DRPD Kabupaten Karawang pada Pemilihan Umum Tahun 2019, bertempat di Brits Hotel Karawang dan dihadiri oleh Asisten Daerah Bidang Pemerintahan yang mewakili Bupati Karawang, Perwakilan Disdukcatpil, Perwakilan Kajari, Organisasi Masyarakat, Bawaslu Kabupaten Karawang dan Pimpinan dari masing-masing Partai Politik tingkat Kabupaten Karawang.

Dalam uji publik ini disampaikan bahwa Kabupaten Karawang memiliki 3 draft terkait Daerah Pemilihan, Draft pertama yaitu terdapat 6 Dapil yakni menggunakan Dapil pada saat Pemilu 2014. Draft Kedua yaitu tetap 6 Dapil namun terdapat perubahan yang mana Kecamatan Cilebar dari Dapil 3 dipindahkan ke Dapil 2 dan Kecamatan Karawang Timur yang semula berada di Dapil 1 dipindahkan ke Dapil 6. Dan Draft 3 dibagi menjadi 7 Dapil karena adanya 1 Dapil yang dipisahkan yakni Kecamatan Karawang Barat dan Kecamatan Karawang Timur yang semula berada di Dapil 1 berubah menjadi Dapil 2.

Dari ketiga draft yang diusulkan oleh KPU, partai politik yang menghadiri kegiatan tersebut juga mengusulkan draft dapil sesuai hasil rapat pimpinan mereka diantaranya: Draft 1 diusulkan oleh Partai HANURA, Draft 2 diusulkan oleh PAN, PKS, PBB, PPP, PSI dan Partai NASDEM, Draft 3 diusulkan oleh PKB, Partai PERINDO, Partai BERKARYA, Partai Demokrat, Partai GOLKAR dan Partai GERINDRA. Dan dalam kegiatan tersebut PDI-Perjuangan mengusulkan draft baru yakni 8 Dapil.

Sementara dari instansi pemerintahan yang diwakili oleh Asisten Daerah Bidang Pemerintahan, beliau mengusulkan Draft 2 karena beliau menganggap bahwa Draft 2 lebih proporsional. Namun pada akhirnya, beliau menyatakan yang berkepentingan dalam usulan Dapil ini adalah Partai Politik sehingga pemerintah akan menyesuaikan dengan hasil yang diinginkan oleh Partai Politik.

Dalam Uji publik tersebut, Ketua KPU Kabupaten Karawang menyampaikan bahwa 3 draft yang diusulkan akan disampaikan ke KPU Provinsi yang nantinya akan diputuskan di KPU Pusat.

"SUARA ANDA MENENTUKAN MASA DEPAN BANGSA"

KPU KAB. KARAWANG

Jl. Lingkar Tanjungpura No. 4 Karawang

Telp/Fax. 0267-8406456

 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

: KPU Kab. Karawang

: @kpu_karawang

JINGLE PEMILU

MARS PILGUB 2018