Berita

Karawang- Hari ini Selasa, 6 Februari 2018, KPU Kabupaten Karawang melaksanakan Peresmian dan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Agen Sosialisasi pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, yang bertempat di Brits Hotel Karawang. Peserta Bimtek ini sebanyak 60 orang, yang dimana terdapat 2 orang di masing-masing kecamatan.

“Tujuan diadakannya Bimtek ini adalah agar peserta dapat memahami tupoksinya sebagai agen sosialisasi dan berpartisipasi mensosialisasikan informasi kepada masyarakat mengenai Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018”, ujar Ketua Pelaksana, Edi suryanto saat menyampaikan Laporannya.

Kegiatan dalam bimtek ini yakni penyampaian materi dan simulasi dalam melakukan sosialisasi kepada pemilih. Materi pertama disampaikan oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Karawang, Syarif Hidayat mengenai Sinergitas Pengawasan dalam meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, yang mana disampaikan bahwa bentuk pengawasan partisipatif yang dilakukan oleh Panwas yaitu dengan ikut memantau pelaksanaan pemilu, melakukan kajian terhadap persoalan kepemiluan, ikut mencegah terjadinya pelanggaran, menyampaikan laporan pelanggaran pemilu apabila terjadi pelanggaran, serta menyampaikan informasi dugaan pelanggaran pemilu.

Materi Kedua disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Karawang, Asep Saefuddin Muksin mengenai Optimalisasi dan Strategi Agen Sosialisasi dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pilgub Jawa Barat Tahun 2018. Dalam materi tersebut dipaparkan mengenai sasaran tujuan dari sosialisasi pemilihan, sasaran sosialisasi pemilihan, dan metode sosialisasi.

Sementara materi terakhir disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Karawang, Miftah Farid mengenai Strategi Pendidikan Pemilih yang dimana dalam materi tersebut diharapakan Para Agen Sosialisasi Terpilih mampu untuk menyusun strategi Pendidikan Pemilih dalam proses Pemilihan yang mencerminkan kebutuhan pemangku kepentingan.

Setelah pemaparan materi, para peserta bimtek melakukan simulasi sosialisasi kepada beberapa sasaran sosialisasi pemilihan seperti, pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih berkebutuhan khusus dan pemilih yang terasingkan.

Ketua KPU Kabupaten Karawang, Risza Affiat dalam sambutannya menyampaikan bahwa, agen sosialisasi merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari tahapan Pilgub yang bersifat non struktural. Beliau pun meminta kepada para agen sosialisasi terpilih untuk mengenali Kantor PPK dan kantor kecamatannya di wilayahnya masing-masing, serta selalu melakukan koordinasi dengan PPK Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat.

 

Beliau berharap dari bimtek ini dapat menjadi bekal untuk sosialisasi dalam meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat.

"SUARA ANDA MENENTUKAN MASA DEPAN BANGSA"

KPU KAB. KARAWANG

Jl. Lingkar Tanjungpura No. 4 Karawang

Telp/Fax. 0267-8406456

 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

: KPU Kab. Karawang

: @kpu_karawang

JINGLE PEMILU

MARS PILGUB 2018