Berita

Karawang- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang telah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih PPK dan PPS se-Kabupaten Karawang, selama 2 hari (10-11 Januari 2018). Bimtek ini bertempat di Hotel Swiss Bellinn Karawang, dan diikuti oleh PPS Divisi Mutarlih serta Ketua dan PPK Divisi Mutarlih se-Kabupaten Karawang, yang terdiri dari 309 desa dan 30 kecamatan se-kabupaten Karawang.

Pemateri dalam kegiatan ini yakni, Tim Mutarlih KPU Kabupaten Karawang, Perwakilan dari Disdukcapil Kabupaten Karawang Bapak Yudiawan, dan Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Bapak Ferdhiman Bariguna.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Karawang, Risza Affiat mengatakan bahwa coklit ini merupakan awal kegiatan yang menghasilkan sebuah data yakni daftar pemilih. Daftar pemilih adalah daftar yang menjembatani seluruh kegiatan pemilihan. Jika tidak ada daftar pemilih maka tidak akan ada TPS dan tidak akan ada pula pemungutan suara.

Pada kegiatan bimtek ini, para peserta diberi arahan oleh Tim Mutarlih KPU Kabupaten Karawang cara menggunakan Sistem Informasi Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih (SICOKLIT). Adanya sicoklit ini yaitu untuk mempermudah kinerja dan mempercepat proses. Ketika sicoklit sudah rapih barulah dimasukan ke Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH).

Komisioner KPU Provinsi, Ferdhiman Bariguna, dalam pemaparan materi menjelaskan bahwa tujuan mutarlih itu adalah untuk memastikan seluruh warga yang memiliki hak memilih terdaftar dalam daftar pemilih. Ia memberitahukan bahwa di Jawa Barat terdapat 75.442 PPDP, 622 PPK dan 5.957 PPS. Beliau merupakan pencipta aplikasi sicoklit. Oleh karena itu, Bimtek Mutarlih ini merupakan bimtek pertama yang dilakukan mengenai penggunaan sicoklit dalam mengelola daftar pemiih. Karena pangkal utama permasalahan dalam pemilihan adalah daftar pemilih.  Di akhir pemaparannya, beliau berpesan bahwa PPDP nanti harus bisa menggunakan sicoklit dan aplikasi mobile KPU.

Ketua KPU berharap pelaksanaan coklit ini dapat berjalan sempurna sehingga terciptanya kerjasama yang baik antara PPDP, PPS dengan PPK agar proses tersebut dapat menghasilkan DPT (Daftar Pemilih Tetap) terbaik.

"SUARA ANDA MENENTUKAN MASA DEPAN BANGSA"

KPU KAB. KARAWANG

Jl. Lingkar Tanjungpura No. 4 Karawang

Telp/Fax. 0267-8406456

 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

: KPU Kab. Karawang

: @kpu_karawang

JINGLE PEMILU

MARS PILGUB 2018