Berita

Bandung- Pasangan bakal calon Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum beserta pimpinan partai pengusung, narahubung atau liaison officer, tim sukses, dan pendukung mendaftar ke KPU Provinsi Jawa Barat, Selasa siang pukul 10.00 WIB. Dari pihak KPU Provinsi disambut langsung oleh lengser dan kesenian Jawa Barat, lengkap dengan semua penyelenggara menggunakan pakaian tradisional Jawa Barat.

Sebelum memulai pemeriksaan berkas pendaftaran, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Yayat Hidayat mengemukakan, “Pilgub Jabar bukan sekedar proses politik pemilihan kepemimpinan di Jawa Barat. Akan tetapi, sebagai tempat belajar berdemokrasi, belajar berpolitik, sekaligus berwisata politik dari awal tahapan pemilu yang harus dinikmati oleh masyarakat sebagai proses berpolitik, berdemokrasi dengan kegembiraan, santun dan semarak”. Seraya Yayat juga berharap prosesi kampanye nanti harus dilaksanakan secara baik, santun, taat hukum.

“Pilgub Jabar ini lebih keren dari pilgub manapun, karena jumlah penduduk dan pemilih di Jawa Barat lebih besar dari jumlah provinsi lainnya di Indonesia, bahkan secara kuantitas hampir sama jumlahnya dengan Negara Spanyol”, kata Yayat.

“PKPU Nomor 3 Tahun 2017 sebagaimana dimaksud yang mendaftarkan paslon gubernur adalah gabungan partai politik. Dan bapaslon RK-UU diusung oleh 4 partai politik, yaitu Nasdem, Hanura, PKB dan PPP. Dengan jumlah dukungan kursi dari gabungan partai politik sebanyak 24 kursi”, Yayat menjelaskan.

Prosesi selanjutnya, KPU Provinsi Jawa Barat yang dikoordinatori oleh Komisioner Divisi Teknis Endun Abdul Haq melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas formulir pendaftaran harus dibawa oleh Bapaslon RK-UU, yaitu; Model B-KWK formulir pendaftaran atau formulir pengusungan pencalonan. B1-KWK, formulir surat keputusan partai pengusungan atas pasangan calon. B2-KWK, surat pernyataan kesepakatan berkoalisi. B3-KWK, surat pernyataan kesepakatan berpasangan gubernur dan wakil gubernur. B4-KWK, pernyataan kesesuaian naskah visi, misi, program pasangan calon sesuai dengan RPJP Provinsi. KPU juga melakukan pemeriksaan SK kepengurusan yang sah parpol pengusung dan pendukung. Kelima, surat keterangan pasangan calon, bebas dari pailit, NPWP, bebas tunggakan pajak, SKCK (Polda), pas foto.

Setelah dilakukan pemeriksaan berkas, KPU menyatakan persyaratan pencalonan Bapaslon RK-UU lengkap dan dinyatakan lulus persyaratan. Dengan selanjutnya, KPU menghimbau agar pasangan calon harus melaporkan rekening khusus dana kampanye dan menyertakan dana awal kampanye. KPU Provinsi Jawa Barat juga memberikan surat rekomendasi pemeriksaan kesehatan psikologi dan narkotika kepada pasangan calon RK-UU.

Dalam press conference-nya, pasangan bakal calon Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan, “siap mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya dengan baik, dan siap menjadi yang terbaik”.*MedcenKPUProv

"PEMILU SERENTAK 17 APRIL 2019 - PEMILIHAN LEGISLATIF, PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN"

KPU KAB. KARAWANG

Jl. Lingkar Tanjungpura No. 4 Karawang
Telp/Fax. 0267-8406456

 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

: KPU Kab. Karawang

: @kpu_karawang