Berita

TAHAPAN PILGUB 2018 :

Bandung – Selepas acara launching munggaran pemilihan Gubernur Jawa Barat di Sabuga Bandung (5/12), Ketua KPU RI, Arief Budiman menjelaskan pernyataan Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Yayat Hidayat tentang kesiapan menciptakan Pilgub sebagai wisata politik yang sangat menyenangkan serta kesiapan melawan dan menangkal hoax .

Dikatakan Arief, hoax itu bermacam-macam dan disebar lewat mana saja. KPU melakuan antisipasi dengan mengatur ketentuan pemilu serta mendaftarkan semua akun yang berkepentingan dalam pelaksanaan pemilu.  Akun-akun tersebut pun diawasi. Lalu bagaimana dengan akun website di luar dari yang terdaftar di KPU, tentunya KPU pun tidak bisa menjangkau ke sana. Kalau misalnya akun website tersebut makin liar menebar hoax-nya, maka Undang-undang yang akan mengatur itu misalnya Undang- undang ITE, KUHP (jika ada pidananya).

Maka, tidak bisa suksesnya pemilu digantungkan pada KPU saja, karena kewenangan KPU sangat terbatas dan tidak bisa menjangkau seluruh persoalan. Adapun cara menangkal hoax bisa dilakukan melalui nota kesepahaman dengan beberapa pihak. Nanti KPU akan cek, apakah perlu untuk diperluas lagi MOU nya. Tapi dalam peraturan KPU sendiri sudah disebutkan tidak boleh mengungap isu-isu  SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), berita bohong. “Kalau pengaturan untuk sosial media yang terdaftar itu sudah dilakukan oleh KPU, kalau pengawasan bisa dilakukan oleh Bawaslu,” kata Arief.*** mujib

"SUARA ANDA MENENTUKAN MASA DEPAN BANGSA"

KPU KAB. KARAWANG

Jl. Lingkar Tanjungpura No. 4 Karawang

Telp/Fax. 0267-8406456

: KPU Kab. Karawang

: @kpu_karawang

JINGLE PEMILU

PENDAFTARAN PARPOL